Asesmen Lapangan Program Studi Manajemen Dakwah Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau

Lubuklinggau, IAI Al-Azhaar. Seiring dengan semakin berkembangnya dunia pendidikan tinggi di Indonesia, pentingnya pengawasan dan penilaian kualitas lembaga pendidikan menjadi suatu kebutuhan. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) hadir sebagai lembaga yang bertanggung jawab untuk melakukan evaluasi dan akreditasi terhadap lembaga pendidikan tinggi di Indonesia. Fokus utama BAN PT adalah memastikan bahwa standar kualitas pendidikan tinggi terjaga, termasuk di dalamnya akreditasi lapangan.

Pelaksanaan Asesmen Lapangan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) secara daring Pada Program Studi Manajemen Dakwah Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau dilakukan selama dua hari tanggal 20-21 November 2023 oleh Asesor 1 Dr. Asep Iwan Setiawan, M.Ag, dan Asesor 2 Prof.Dr. Imron Rosidi, M.A.

Kegiatan pada hari pertama yang dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan sambutan Rektor Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau Dr. Sumaryati, M.Pd.I.

“Akreditasi lapangan merupakan proses evaluasi yang dilakukan oleh BAN PT terhadap institusi pendidikan tinggi di lapangan atau sektor tertentu. Fokusnya adalah pada program-program studi yang memiliki keterkaitan langsung dengan kebutuhan dan perkembangan di lapangan kerja. Kami sangat berharap proses AL berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang diharapkan, karena hasil akreditasi sangat penting untuk perkembangan program studi atau Perguruan tinggi, karena berhubungan dengan kualitas perguruan tinggi dan kepercayaan masyarakat kepada perguruan tinggi kami,” Dr. Sumaryati, M.Pd.I dalam sambutannya, senin (20/11/2023).

Pada sesi selanjutnya di hari pertama yaitu tanya jawab dari UPPS, LPM, LP2M, dan Program studi, sedangkan hari kedua adalah sesi tanya jawab dengan dosen, mahasiswa, alumni, pengguna (User), tata usaha, laboran dan terakhir yaitu sarana prasarana dengan live video.

Konfirmasi yang diajukan asesor kepada dosen antara lain terkait dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Penelitian, PKM dan Biaya yg didapat, disertai bukti/dokumen pendukung serta metode atau media pembelajaran yang digunakan. Pada mahasiswa, asesor bertanya mengenai; kenapa memilih kuliah di Program studi Manajemen Dakwah, semester berapa, dan Proses dosen mengajar pada saat pertama kali masuk kelas, serta dosen favorit mahasiswa. Sementara kepada pengguna dan alumni antara lain dikonfirmasi mengenai link and match antara proses pembelajaran di bangku kuliah dengan dunia nyata (kerja).

Di acara penutupan, dilakukan serah terima berita acara pelaksanaan asesmen lapangan Program studi Manajemen Dakwah Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar dari asesor dan diterima secara daring oleh Depi Putri, S.Sos.I.,M.Si dan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Agussalim,M.Pd.I.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X