Assessment Lapangan Daring (ALD) Prodi Ekonomi Syariah oleh BAN-PT

Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar – Lubuklinggau. Program Studi Ekonomi Syariah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Al-Azhaar pada tanggal 5 – 6 Februari 2021 dilakukannya Assessment Lapangan Daring (ALD) oleh BAN-PT Sebagai tim Visitasi Akreditasi Nasional.

Kegiatan Visitasi Akreditasi tersebut dilakukan secara Daring melalui layanan zoom meeting. BAN-PT sendiri menugaskan Dr. Anton Bawono S.E., MSi., dari IAIN Salatiga dab Dr. Syaugi MA dari UIN Antasari Banjarmasin, sebagai Tim Asesor BAN-PT. Dalam pelaksanaan tersebut di awali Sambutn yang dilakukan oleh Rektor IAI Al-Azhaar Dr. KH.AH. Mansur., S.E., M.Pd.I Selaku Pimpinan Yayasan Permata Nusantara Al-Azhaar di Kantor Rektorat.

Dikutip dari Korans.com (Minggu, 07 Februari 2021) Rektor IAI Al-Azhaar di dalam sambutanya menyampaikan bahwa ” Untuk persiapan dan untuk memudahkan koordinasi, Pimpinan Unit Pengelola Program Studi (UPPS), Tim penyusun Borang Pengelola, Tim Penyusun Borang PS, beberapa dosen, dan beberapa Mahasiswa yang terlibat disediakan ruang khusus di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Al-Azhaar Lubukliinggau untuk dapat mengakses zoom meeting dengan jaringan internet yang stabil,” ungkapnya.

Kemudian dalam kegiatan Visitasi Akreditasi tesebut memang sedikit sulit untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh Tim Asesor. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Al-Azhaar H. Agus Mukmin., Lc. M.Hum., mendampingi Ketua Prodi Ekonomi Syariah Purna Irawan., S.E., M.M dan Sekretaris Prodi Sigit Kusbiyantoro., S.E., M.E.

Hari pertama Visitasi Akreditasi (Jum’at, 5 Februari 2021) Tim Asesor menanyakan konfirmasi data-data Excel Program Studi dan pihak yang terlibat seperti pimpinan UPPS, sesi selanjutnya konfirmasi mengenai Borang IIIA, pengecekan dokumen dan instrumentasi penjaminan mutu. Juga dari hasil Assessment Lapangan Tim Asesor meminta bukti berupa Video prasarana, visi, misi, dan tujuan Program Studi Ekonomi Syariah.

Dalam visitasi yang ke-2 pada hari sabtu, 6 Februari 2021 dilanjutkanya visitasi akreditasi oleh BAN-PT yang kali ini menginformasikan mengenai fasilitas-fasilitas yang tersedia di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Al-Azhaar Lubuklinggau seperti perpustakaan, akses komputer dan internet untuk mendukung referensi-referensi perkuliahan secara virtual atau melalui video dan foto.

Dalam menjawab semua informasi-informasi yang diminta oleh Tim Asesor pada Ketua Prodi Ekonomi Syariah juga tak lepas dari dukungan Ketua Prodi sebelumnya Ari Azhari., M.H.I. Juga telah membantu berjalanya kegiatasan Assessment Lapangan Daring (ALD).

Dan Alhamdulillah pada hari Sabtu yang merupakan hari terakhir dilakukanya Assessment Lapangan Daring. Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi mengakui sangat kompeten dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di berikan oleh Tim Asesor selaku penilai Akreditasi. Dan harapanya setelah dilakukanya akreditasi ini dapat mendapatkan sebuah hasil yang memuaskan. Yanng dapat menjamin mutu Program Studi Ekonomi Syariah agar kedepanya dapat lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X