Bekarya dengan Dakwah

Sumber: Tangkapan layar – Nyantri Chanel (Youtube)

Lubuklinggau, IAI Al-Azhaar.ac.id. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Al-Azhaar Lubuklinggau H. Agus Mukmin, Lc. M. Hum, melalui chanel Youtubenya menyampaikan sebuha dakwah yang bertajuk Tata cara shalat gerhana Bulam disertai dengan contohnya.

Video yang sudah ditonton lebih dari 200 Ribu view di chanel youtubenya, dapat menerangkan tentang Sholat Gerhana Bulan. Gerhana bulan telah terjadi pada 26 Mei 2021, sekitar pukul 18.18 WIB, 19.18 WITA, dan 20. 18 WIT.

Berikut video yang telah tayang pada 26 Mei 2021:

Tata Cara Shalat Gerhana Bulan tentunya berbeda dengan sholat fardu atau shalat sunat lainnya. Pelaksanaan shalat gerhana bulan dilaksanakan ketika gerhana itu berlangsung baik itu gerhana bulan maupun gerhana matahari. Hukum shalat gerhana adalah sunnah. Tata cara shalat gerhana bulan atau matahari boleh dilaksankan secara sendirian atau jama’ah.

Diawali dengan Niat dan takbiratul ihram, membaca do’a iftitah, membaca alfatihah dan membaca surat dalam al-qur’an. Sedangkan bacaannya harus dilafadzkan secara jahr atau dikeraskan. Banyak sekali panduan tentang shalat gerhana ini. Silahkan sahabat nyantri channel untuk melaksanakan shalat gerhana dengan ikhlas lillahita’ala. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Amiin yarobbal ‘alamin.

Ust. H. Agus Mukmin, Lc. M. Hum adalah alumni pondok pesantren modern Al-Ikhlas Lubuklinggau-Sumatera Selatan pada tahun 1999-2002. Setelah tamat dari Ponpes modern Al-Ikhlas Lubuklinggau beliau merantau ke tanah jawa dan melanjutkan nyantri di pondok pesantren Raudlatull Ulum (YPRU) Guyangan, Trangkil – Pati pada tahun 2002-2005. Kemudian melanjutkan di International Islamic Call College yang berada di Tripoli, Libya dengan Jurusan Ulumul Qur’an pada tahun 2005 – 2010. Setelah itu beliau melanjutkan studi Magister (S2) di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 2011-2013.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X