Daya Tarik Kuliner Halal di Indonesia

Kuliner menjadi daya tarik tersendiri di Indonesia, dan yang paling utama dalam perjalanan sejarah Indonesia merupakan kuliner. Sebagai Negara mayoritas Muslim, Indonesia memiliki banyak daya tarik mengenai kuliner dan yang paling utama adalah kuliner halal. Apakah di Indonesia sudah paling terdepan dalam mengembangkan potensi wisata halal di bidang kuliner? Tentu jawabanya belum. Karena ternyata Indonesia terbilang ketinggalan dalam mengembangakan wisata kuliner halal.

Di kutip dari Detik Food.com (11/01/2013), Indonesia sendiri sebenarnya terbilang ketinggalan dalam mengembangkan wisata syariah, dibandingkan dengan Thailand, Malaysia, juga Thailand yang sudah lebih dulu menjalankan program ini. Bahkan Korea Selatan yang bukan negara muslim juga dirasa sudah sangat siap melayani wisatawan Muslim. Terbukti di Itaewon, Seoul, sudah berdiri beragam restoran dan toko halal.

Tetapi jangan khawatir, Kementrian Periwisata dan Ekonomi Kreatif kini memiliki program baru, yaitu wisata syariah. Dalam program ini, kuliner halal menjadi salah satu hal penting yang turut menyukseskan wisata syariah. Di kutip dari Detik Food.com (11/01/2013) Sapta Nirwandar, selaku Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, permintaan wisatawan muslim akan wisata syariah sangat tinggi jumlahnya. Apalagi jumlah wisatawan muslim angkanya meroket tajam dari tahun ke tahun. Karenanya, ada potensi besar untuk mengembangkan wisata ini.

Potensi besar ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh pelaku kuliner halal, untuk dapat menampilkan olahan pangan yang dapat dikonsumsi oleh para wisatawan, yang bukan hanya dapat dikonsumsi oleh wisatawan muslim maupun non-muslim. Karena Indonesia kaya akan kuliner nusantara, yang dapat memikat wisatawan yang berkunjung di Indonesia.

Sebagai gambaran, Surabaya, misalnya, dikenal dengan menu khas rujak cingur. Karenanya, harus ada beberapa pedagang yang sudah mengantongi sertifikasi halal. Di Indonesia, terdapat sekitar 430 Kabupaten/Kota yang memiliki makanan khas dengan ciri unik tersendiri. Tentu potensi ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung wisata syariah.

Penulis : Ikrom

Photo : Akurat.com

Layout : Editor Istimewa

Sumber : Detik Food.com (11/01/2013)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X