Hukum Puasa Bagi Orang yang Meninggalkan Sholat

Lubuklinggau, IAI-Al-Azhaar.ac.id. Puasa Ramadhan memang selalu ditunggu kehadirannya oleh setiap umat Muslim di seluruh dunia. Mereka berharap, akan mendapatkan beribu kebaikan yang berlipat ganda ketika menjalankan setiap amalan ibadah di bulan suci tersebut. Namun, tak jarang manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang tak lepas oleh segala luputnya, sering kali lalai untuk menjalankan ibadah shalat wajib ketika di bulan Ramadhan.

Lantas, bagaimana hukum orang yang berpuasa Ramadhan tetapi tidak menjalankan ibadah shalat wajib? Berikut penjelasan dari Ustadz H. Agus Mukmin, Lc. M.Hum, melalui chanel Youtube yang telah tayang pada 14 April 2021 di Chanel Yotube miliknya “Nyantri Chanel”.

Hukum puasa bagi orang yang meninggalkan sholat – Bagi seorang muslim sholat dan puasa ramadhan merupakan ibadah yang wajib dikerjakan, yang mana kedua perintah ini termasuk dalam rukun islam yang lima. Sholat wajib dikerjakan 5 kali dalam sehari semalam, sedangkan puasa ramadhan waktu pelaksanaannya hanya 30 hari selama bulan ramadhan.

Lantas bagaiamana hukum puasa bagi seorang mukmin yang tidak sholat? Dalam penjelasan yang disampaikan ust. H. Agus Mukmin, Lc., M.Hum bahwa ada 2 (dua) kriteria hukum yang dikenakan bagi orang tersebut. Hukum yang pertama, jika orang tersebut meninggalkan sholat saat menjalankan ibadah puasa ramadhan disebabkan karena menganggap bahwa sholat merupakan hal yang tidak wajib dikerjakan maka orang tersebut bisa dikatakan sebagai seorang yang murtad dan puasanya dianggap batal.

Hukum yang kedua, Jika orang tersebut meninggalkan sholat saat puasa dikarenakan kelalaian, malas ataupun lupa maka orang tersebut tetap muslim dan tidak membatalkan ibadah puasanya. Akan tetapi bisa mengurangi kesempurnaan ibadah puasanya. Semoga penjelasan tentang hukum puasa bagi orang yang tidak sholat 5 waktu bermanfaat bagi kita semua.. Amin ya robbal’alamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X