Ketua LPM IAI Al-Azhaar Lubuklinggau mengikuti Workshop Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal

Lubuklinggau, Ketua LPM IAI Al-Azhaar Lubuklinggau mengikuti Workshop Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) PTKIS Tahun 2023 Di Palembang yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 15 Mei sampai dengan Rabu tanggal 17 Mei 2023 di Hotel Aston Palembang 2023 di Hotel Aston Palembang.


Workshop Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) PTKIS
Tahun 2023 ini memberikan pembekalan, pelatihan, penguatan dan sekaligus penegasan bahwa Perguruan Tinggi (PT) khususnya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) harus dikelola berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI). Sebagai tindak lanjutnya, maka PTKIS khususnya sudah memiliki Standar pengelolaannya yang mengacu pada kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Hal tersebut sebagai realisasi amanat UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi dan amanat Permenristekdikti No.62 tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.


SPMI berdasarkan pasal 3 ayat (4) Permeristekdikti No.62 Tahun 2016
Tentang SPM Dikti berguna untuk penetapan status dan peringkat akreditasi perguruan tinggi atau program studi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) BAN-PT atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Sementara pada lampiran halaman 7 Peraturan BAN-PT No. 2 Tahun 2017 Tentang Sistem Akreditasi Nasional Sistem Penjamin Mutu Eksternal (SPME) atau akreditasi dilakukan melalui penilaian terhadap luaran penerapan SPMI oleh perguruan tinggi untuk penetapan status dan peringkat akreditasi program studi dan perguruan tinggi.
Sehubungan dengan itu, workshop SPMI ini memberikan arahan lebih lanjut bagaimana Perguruan Tinggi khususnya IAI Al-Azhaar Lubuklinggau agar dapat memenuhi dan sekaligus melampaui dari amanat UU dan Permeristekdikti tersebut.
Workshop penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) PTKIS

tahun 2023 ini diikuti sebanyak 46 orang peserta yang terdiri dari 2 orang pejabat Kopertais Wilayah VI Sumatera Barat, 2 orang dari pejabat Kopertais Wilayah VII Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Bangka Belitung dan 2 orang pejabat Kopertais Wilayah XIII Jambi, serta 36 peserta dari unsur LPM dan Pimpinan PTKIS dari 3 wilayah Kopertais VI, VII, dan XIII. Kegiatan dibuka langsung oleh Bapak Dr. Lukman Nugraha Pejabat Kasi Akademik dari DIKTIS Kemenag RI. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan Teknis Pelaksanaan Pelatihan, pemaparan materi pelatihan, serta pendampingan penyusunan SPMI oleh Tim Trainer dari Best-Q
Institute. Dalam hal ini yang bertindak sebagai tim trainer pada kegiatan workshop tersebut dari Best-Q Institute adalah Bapak Dr. Muh. Nashirudin, S,Ag, M.Ag., M.A., Bapak Yusuf Nalim, S.Si, M.Si, dan Ibu Dr. Indrawati, S.S.,M.Pd, yang dipandu oleh Bapak Haddy Putra, M.M.


IAI Al-Azhaar Lubuklinggau pada kegiatan Workshop SPMI ini dihadiri
langsung oleh Ketua LPM IAI Al-Azhaar Lubuklinggau, Dr. Sumaryati, M.Pd.I. Selama kegiatan Dr. Sumaryati, M.Pd.I. memiliki kesempatan yang baik untuk menyimak, mengerjakan penyusunan, bertanya dan sekaligus mempersentasikan dan mendiskusikan SPMI IAI Al-Azhaar Lubuklinggau yang dilihatkan langsung dari website LPM IAI Al-Azhaar Lubuklinggau. Pada saat ini LPM IAI Al-Azhaar Lubuklinggau sedang melakukan revisi dokumen SPMI dalam rangka memperbaharui Standar SPMI yang sudah ada sekaligus melengkapi kebutuhan standar tentang merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), Yang mana kegiatan tersebut dikerjakan oleh tim penyusun dokumen SPMI IAI Al-Azhaar Lubuklinggau.

Dengan diberikannya kesempatan IAI Al-Azhaar Lubuklinggau melalui rekomendasi Kopertais Wilayah VII Sumatera Bagian Selatan sebagai salah
satu peserta workshop, maka dokumen yang telah disusun akan menyesuaikan kembali berdasarkan hasil arahan dari para Narasumber selama kegiatan. Dan selama kegiatan Dr. Sumaryati, M.Pd.I mengikuti pre-test dengan nilai 60 % dan post-test dengan nilai 85 %, yang Alhamdulillah masuk pada peringkat 3 besar.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini IAI Al-Azhaar Lubuklinggau mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan workshop SPMI PTKIS Tahun 2023, ucapan terimakasih di sampaikan kepada Bapak Dr. Lukman Nugraha beserta jajaran dari DIKTIS Kemenag RI selaku pihak penyelenggara, Sekretaris Kopertais Wilayah VII Sumatera Bagian Selatan Bapak Prof. Dr. H. Abdullah Idi., M.Ed. yang telah berkenan merekomendasikan ketua LPM IAI Al-Azhaar Lubuklinggau Sebagai Peserta, Bapak ibu Narasumber yang telah banyak memberikan materi, saran dan sekaligus teknis penyusunan dan penerapan SPMI di perguruan tinggi, Rektor IAI Al-Azhaar Lubuklinggau Dr. KH. Ah. Mansur, M.Pd.I. atas support, dukungan moral dan material selama kegiatan workshop berlangsung.
Setelah mengikuti kegiatan workshop SPMI tersebut Ketua LPM IAI Al-Azhaar Lubuklinggau Dr. Sumaryati, M.Pd.I. akan segera mensosialisasikan
kepada seluruh civitas akademikan Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) PTKIS Tahun 2023 dan mereasisasikan SPMI di IAI Al-Azhaar Lubuklinggau menuju PTKIS unggul. (Atik 2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X