Memahami Makna Malam Nuzulul Qur’an Pada Bulan Romadhon

Lubuklinggau, IAI Al-Azhaar.ac.id. Nuzulul Quran secara umum dapat diartikan sebagai malam turunnya Al-Qur’an. Sejarah Nuzulul Qur’an para ulama sepakat bahwasannya al-qur’an diturunkan pada bulan ramadhan tepatnya pada tanggal 17 ramadhan.

Al-Quran merupakan mukjizat yang sangat besar untuk umat manisia. Sebagai Hikmah diturunkannya al-quran sebagai peneguhan hati rasulullah dan para sahabat pada masanya. karena pada masa itu, rasulullah dan sahabat dalam menyebarkan agama islam mendapat tantangan yang sangat besar, seperti ancaman, cacimaki dan sampai pembunuhan. Sehingga dengan turunnya al-qur’an ini dapat menjadi penguat hati rasulullah dan para sahabat dalam menyebarkan agama islam.

Peringatan nuzulul quran sering kita laksanakan pada malam 17 ramadhan. Semoga kita semua selalu dalam keadaan iman dan islam serta menjadi hamba yang selalu berpegang teguh pada Al-Qur’an.

Ust. H. Agus Mukmin, Lc. M. Hum adalah alumni pondok pesantren modern Al-Ikhlas Lubuklinggau-Sumatera Selatan pada tahun 1999-2002. Setelah tamat dari Ponpes modern Al-Ikhlas Lubuklinggau beliau merantau ke tanah jawa dan melanjutkan nyantri di pondok pesantren Raudlatull Ulum (YPRU) Guyangan, Trangkil – Pati pada tahun 2002-2005. Kemudian melanjutkan di International Islamic Call College yang berada di Tripoli, Libya dengan Jurusan Ulumul Qur’an pada tahun 2005 – 2010. Setelah itu beliau melanjutkan studi Magister (S2) di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 2011-2013.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X