PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL BEREPUTASI

IAI Al-Azhaar, Lubuklinggau. Dosen Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau mengikuti kegiatan “Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Beruputasi Scopus” yang di adakan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Silampari (STAIS) pada tanggal 13 Juli 2023 dengan pemateri Assoc.Prof. Dr. Dudi Iskandar dari Universitas Budi Luhur dari Jakarta.

Kegiatan dibuka oleh Ketua STAIS Silampari Bapak Ngimadudin, S.Ag., MH. Pada sambutannya, bapak ketua berharap dengan adanya pelatihan ini, Dosen Dan Peserta semakin memahami kiat-kiat dalam penulisan jurnal nasional dan internasional yang baik dan dapat diterima di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 1-6 dan Jurnal Internasional Bereputasi Scopus Q1-Q4. Menurutnya Artikel ilmiah yang terbit pada jurnal internasional diperuntukkan untuk menunjang internasionalisasi Perguruan Tinggi. Jika Semakin tinggi kualitas dan kuantitas jumlah publikasi, maka angka kredit dalam indikator penilaian pemeringkatan perguruan tinggi juga semakin meningkat.

Paparan pertama tentang Tips Menyusun Artikel Jurnal Internasional Bereputasi. Menurutnya, ada 3 hal yang perlu dilakukan agar bisa menyusun artikel jurnal dan bisa diterima oleh jurnal bereputasi. Yang pertama Update Informasi apa yang perlu disiapkan. Kedua upgrade diri, bagamana cara menguasai, dan ketiga add relasi, mencari partner/stakeholder. “Informasi yang perlu siapkan diantaranya adalah tentang tata cara penulisan artikel yang baik, mencari jurnal tujuan, referensi, mencari referensi menggunakan Mendeley, translate article, grammarly/proofread, dan paraphrase. Selain itu juga perlu mencari jurnal terindeks scopus yang sesuai dengan abstrak artikel,” paparnya. Terkait dengan apa yang harus dikuasai, yaitu tentang sistematika jurnal itu sendiri yang terdiri dari judul & penulis, abstract & keywords, introduction, methods, result and discussion, conclusion, dan references. Tips yang ketiga adalah mencari partner. Dijelaskan bahwa perlu mencari siapa yang bertugas untuk mencari  jurnal yang memiliki focus dan scope yang sama dengan artikel yang akan ditulis. Kemudian mencari partner yang diberikan tugas untuk proofreading. Selain itu juga mencari partner yang menjadi pengelola jurnal maupun yang menjadi reviewer jurnal bereputasi.

Setelah penyampaian materi, diadakan bedah draft Jurnal dari salah satu Dosen STAIS, dan Narasumber langsung mereview dari pandangannya sebagai Reviewer Jurnal Internasional. Sehingga para peserta lebih paham dan dapat langsung mengaplikasikan pada draft-draft Jurnal yang dimiliki peserta pelatihan.

Kegiatan pelatihan penulisan artikel untuk Jurnal Bereputasi Iinternasional ini memberikan kesempatan kepada seluruh dosen dan Peserta untuk mempublikasikan hasil penelitiannya, sehingga diharapkan dengan kegiatan pelatihan ini semakin banyak dosen yang akan berhasil mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal internasional terindeks scopus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X